17 February 2012

Pay Per Click

Do you want to share?

Do you like this story?

Apa itu PPC?
PPC adalah kepanjangan dari Pay Per Click yang berarti kita akan dibayar jika iklan yang berada di Website/Wapsite/Blog kita "di-klik" oleh visitor/pengunjung. Syarat utama gabung di PPC pastinya Anda mempunyai Web/Wap/Blog pribadi.
Sering orang salah bembedakan antara PTC dan PPC,maka untuk itu kami mencoba menulis ARTIKEL ini guna meluruskan pandangan-pandangan yang mungkin salah tafsir atau apalah. Bagaimana mekanisme iklan PPC? Berikut akan sedikit saya jelaskan.

Penyedia layanan iklan PPC banyak di internet,baik yang lokal maupun luar. Pada umumnya website PPC  menyediakan layanan untuk dua pihak, yaitu Advertiser dan Publisher.
Advertiser atau pengiklan adalah pemilik produk atau jasa yang ingin mengiklankan produk atau jasanya agar dikenal luas oleh pengguna internet.
Publisher adalah pemilik website yang memberikan space atau ruang untuk menampilkan iklan dari advertiser.
Salah satu ppc lokal yang sudah melalang buana yakni Kumpulblogger.com. Kumpulblogger mendapatkan penghasilan dari advertiser sesuai dengan perjanjian, sedangkan publisher mendapatkan uang dari Kumpulblogger.

Disebut Pay Per Click karena advertiser hanya akan membayar ke Kumpulblogger jika iklan mereka diklik oleh pengunjung website publisher. Demikian pula, publisher hanya akan mendapatkan uang dari Kumpulblogger jika iklan yang mereka tampilkan diklik oleh pengunjung website mereka. Tak ada yang mengklik iklan artinya tak ada rupiah yang mereka dapatkan.

Keuntungan utama mengikuti iklan PPC adalah Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menjadi publisher. Anda tinggal mendaftar, mengikuti langkah-langkahnya kemudian meng-copy paste script yang mereka sediakan di website atau blog Anda.

Sebelum Anda mengikuti iklan PPC, beberapa ketentuan umum dan informasi yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:
PERTAMA
Bayaran per klik yang Anda dapatkan cenderung sangat sedikit, hanya ratusan rupiah. Untuk Kumpulblogger, hanya Rp 300,-. Ada juga yang membayar dengan dolar seperti Google Adsense, namun syarat untuk menjadi publisher di Google Adsense terlalu rumit untuk pemula. Sebaiknya Anda memulai dengan mengikuti PPC lokal dulu seperti Kumpulblogger.
Kabar gembiranya, jika jumlah klik iklan Anda sangat tinggi maka uang yang Anda dapatkan pun akan meningkat signifikan. Sekali klik Rp 300,-, jika ada 1000 klik maka Anda akan mendapatkan Rp 300.000,-, lumayan kan?

KEDUA
Anda dilarang mengklik iklan Anda sendiri. Setelah membaca poin pertama mungkin Anda sempat berpikir untuk mengklik sendiri iklan yang ditampilkan di blog Anda berkali-kali dan tiap hari, namun hal tersebut tidak boleh Anda lakukan dan pasti ketahuan. Coba pikirkan, penyedia layanan iklan PPC (seperti Kumpulblogger) mendapatkan uang dari Advertiser, dan Anda mendapatkan uang dari keuntungan Kumpulblogger, sedangkan Advertiser mendapatkan keuntungan jika produk dan jasa mereka dikenal luas yang tentu berimbas terhadap lakunya produk dan jasa mereka.
Nah, jika Anda yang mengklik sendiri iklannya, sedangkan Anda sama sekali tak berniat untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang diiklankan, tentu Advertiser akan merugi karena mereka harus membayar setiap ada iklan yang diklik. Kepercayaan Advertiser terhadap Kumpulblogger akan menurun dan bisa jadi berimbas besar sampai tak ada lagi yang mau menjadi advertiser. Tentu Kumpulblogger akan segera gulung tikar. Begitulah alasan mengapa Kumpulblogger dan penyedia layanan iklan PPC lainnya melarang Publisher mengklik sendiri iklan mereka.

KETIGA
Yang patut kita sayangkan di iklan PPC adalah banyaknya iklan sampah seperti iklan yang menjanjikan Anda kaya mendadak atau mendapatkan jutaan rupiah setiap hari tanpa bekerja, de el el. Saya benar-benar berharap kualitas iklan yang ditayangkan akan semakin baik ke depannya, dan iklan-iklan sampah tak akan mendapatkan kesempatan lagi.
Memang ada penyedia iklan PPC yang ketat terhadap hal ini, contohnya idblognetwork yang advertiser-nya merupakan perusahaan-perusahaan besar semacam XL dan lainnya. Namun, kembali lagi, syarat menjadi Publisher di idblognetwork sangat ketat, tak ada kesempatan bagi pemula.

Istilah-istilah dalam program PPC:
  • CTR (Click Through Rate) adalah jumlah klik pada iklan anda dibagi dengan jumlah berapa kali iklan anda tampil dikalikan 100. Dengan kata lain CTR adalah klik persentase yang didasarkan pada jumlah berapa kali halaman tersebut ditampilkan. Rumus matematikanya, CTR = (jumlah klik : jumlah tampil)x100%.
  • Impression atau Page Impressions adalah jumlah berapa kali iklan anda tampil pada halaman web
  • Earnings adalah penghitungan pendapatan adsense kita, dimana diketahui dari jumlah click, view dan share, agar kita sebagai publisher adsense dapat membuat gambaran yang lebih jelas bagaimana pendapatan kita dikira kira dan bagaimana akhir dan rielnya pendapatan tersebut dikalkulasi.
Saya rasa hanya itu informasi tentang apa itu PPC dan mekanisme-nya. Nah jika anda ingin mencoba mengumpulkan recehan via program PPC Lokal, dan berikut daftar ppc lokal indonesia yang perlu diketahui.

ARTIKEL TERKAIT :

13 komentar :

  1. theme nya bagus banget jadi minat nich sama themenya :D

    ReplyDelete
  2. Info yang sangat bermanfaat buat para pencinta PPC

    ReplyDelete
  3. ane lgi cari yg 500 perclik hhe :P

    ReplyDelete
  4. yaudah bikin perkumpulan para blogger buat saling klik iklan satu sama lain aja,hehehe,,
    yang minat send email to me oggii14@gmail.com

    ReplyDelete
  5. @oggi chicharito
    Ma'af..Ma'af BANGET ya Gan, saya TIDAK SETUJU dengan usul Anda.
    - Karena itu melanggar aturan dari Program Pay Per Click \m/

    ReplyDelete
  6. What's up to every one, since I am in fact keen of reading this webpage's post to be updated on a regular basis. It includes nice information. capitalone.com

    ReplyDelete
  7. They will set the price they're willing to pay Google or Yahoo or MSN if someone who searches with those keywords actually clicks on their ad and goes to their website.

    ReplyDelete
  8. In any case, it is critical to recognize what an active visitor clicking percentage (CTR) does and doesn't gauge...Google Ads Expert

    ReplyDelete
  9. If you are looking to hire a top-rated SEO company in Toronto, you have landed at the right place. We have over 10 years of experience in ranking websites from different industry verticals on top of the search results. Get in touch with us for more details.

    ReplyDelete
  10. Multilingua is the best foreign language institute in Delhi that offers the best in-its-class language Education, IELTS training & personalized guidance to students who wish to learn and are willing to try new and unfamiliar things. We are also one of the BEST language & IELTS coaching, IELTS Training Course, English Language Course, German Language Course, French Language Institute, Chinese Language Classes in Delhi, Language Translation services, provide training to a large number of students every year who are looking to work & study Abroad.

    ReplyDelete
  11. Multilingua provides the best IELTS Coaching in Delhi that offers thebest in-its-class language Education, IELTS training & personalizedguidance to students who wish to learn and are willing to try new and unfamiliar things. We also provide the best English speaking courses,  Spanish language courses, Chinese language courses, French language
    courses, and Translation services in Delhi.

    ReplyDelete
SILAHKAN TULIS KOMENTAR ANDA, DENGAN CATATAN :
* Komentator "Anonymous" tidak diprioritas-kan, jadi gunakan salah satu Profile untuk respon lebih cepat
* Jika anda tidak memiliki akun Google anda bisa gunakan Name/URL
   - isi Name dengan Nama Anda
   - isi URL dengan link/url profile Facebook Anda atau Twitter Anda atau yang lainnya
* Mohon jangan menyisipkan Link Hidup..!!!
* Please do not insert Live Links ....!!!

Advertisements

Advertisements

 

Pay Per Click Oops ! | Error 404